ALAT MUSIK ANGKLUNG

tourism
Foto : godongijo.com

Angklung adalah alat musik buatan dari wilayah Jawa Barat yang terdiri atas beberapa pipa bambu dengan ukuran berbeda yang melekat pada bingkai bambu. Cara memainkan angklung ialah dengan cara memegang bagian atas angklung dengan satu tangan dan sisi bawah angklung dengan tangan lain dan kemudian menggoyangkannya. Akibatnya, pipa bambu yang terdiri dari angklung saling bertabrakan dan akan menghasilkan suara tersebut. Setiap instrumen angklung hanya dapat menghasilkan suatu satu not saja.
Oleh karena itu, banyak pemain Angklung perlu menghasilkan melodi yang begitu indah yang dapat didengar. Seorang pemain pada angklung dapat memainkan dengan 2 atau 3 instrumen pada angklung tersebut.

Sejarah Angklung
Dari abad ke-12 hingga ke-16, saat itu, masyarakat di Kerajaan Sunda percaya bahwa yang memainkan Angklung yakni Nyai Sri Pohaci. Nyai Sri Pohaci dianggap sebagai seorang dewi untuk kesuburan bagi para rakyat di wilayah Kerajaan Sunda. Nyai Sri Pohaci, yang terpesona oleh varietas alat musik bambu, akan turun dan menyuburkan tanah rakyat dan menghasilkan semua tanaman yang ditanam orang pada waktu itu.

Angklung tidak hanya mengundang Nyai Sri Pohaci, tetapi juga membangkitkan semangat para prajurit yang bertikai. Karena alasan ini, pemerintah Hindia Belanda telah melarang permainan instrumen ini. Larangan keras terhadap pemerintah Hindia Belanda membuat pemain Angklung semakin berkurang.







Tags : wisata, tourism

Postingan populer dari blog ini

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

PANTAI TANJUNG PESONA

RAJA AMPAT