PEMPEK

tourism
Foto : kompas.com

Pempek merupakan jajanan khas daerah Provinsi Sumatera Selatan.Makanan ini dikenal sangat memanjakan lidah dan bercita rasa gurih dan lezat. Dipadukan dengan cuko asam manis pedas membuat pempek kaya akan rasa. Bahkan, makanan ini tak hanya disajikan di restoran saja, kini sudah menjamur dijajakkan di gerobak-gerobak keliling maupun pinggir jalan. Harganya pun beragam tergantung bentuk dan banyaknya ikan tengiri di dalamnya.

Pempek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek diambil dari kata 'empek-empek' atau 'pek-pek' yang menjadi sebutan lelaki tua pada pria Tionghoa. Hingga kini pempek jadi salah satu kuliner Palembang yang menggugah selera. Pempek Palembang juga memiliki jenis dan bentuk yang beragam, ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan dan masih banyak lagi varian lainnya.

BACA JUGALEMPAH KUNING

Umumnya pempek Palembang berbahan dasar ikan tenggiri maupun ikan gabus yang digiling. Kemudian dicampur bahan lain seperti tepung sagu ataupun tepung tapioka, telur, bumbu bawang putih, garam dan penyedap rasa. Semua bahan dicampur rata dan dibentuk sesuai selera. Kamu bisa merebusnya atau langsung menggorengnya. Pempek Palembang ini umumnya disajikan dengan cuko yang berwarna coklat dari bahan-bahan yakni cuka, asam jawa, gula merah, cabai merah tumbuk dan garam. Untuk pelengkapnya ada juga yang menambahkan dengan mi dan irisan mentimun.

Bagi yang nggak suka ikan jangan kuatir karena pempek juga dapat dibuat tanpa menggunakan campuran ikan.




Tags : wisata, tourism

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

PANTAI TANJUNG PESONA

RAJA AMPAT