Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 29, 2019

ALAT MUSIK REBAB

Gambar
Alat musik Rebab kini menjadi bagian dari kesenian nusantara yang tidak bisa dipisahkan. Banyak daerah yang sudah mengadopsi rebab dalam berbagai pertunjukkan musik, baik untuk acara pesta atau sekedar hiburan rakyat. Di Indonesia, rebab sudah menjadi alat musik tradisional yang mendapat perhatian dari masyarakat.

Dimainkan dengan cara di gesek, Alat musik tradisonal Rebab badannya memakai kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara. Adapun senar pada Rebab terbuat dari bahan kuningan (biasanya dua buah) dipasang merentang dari bagian badan bawah hingga kepala. Biasanya, Senar ini ditegangkan dengan sebatang kayu yang disebut penyanteng, sedangkan untuk mengatur ketegangan yang berhubungan dengan tinggi rendahnya suara diatur dengan memutar kuping Rebab. Hampir mirip dengan gitar yang juga dari kupingnya mengatur ketegangan senarnya.

Alat musik tradisional Rebab adalah salah satu nama tungguhan atau instrumen gesek yang …

TARI SAMAN

Gambar
Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Lagu dan syair dalam Tari Saman mempergunakan bahasa Gayo, pengungkapannya secara bersama dan berkesinambungan, dengan para penari yang mengenakan pakaian adat.

Biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur mengungkapkan bahwa Tari Saman diciptakan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Kita patut bangga karena Tari Saman telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia pada tanggal 24 November 2011.

Tari Saman merupakan salah satu media untuk berdakwah yang mencerminkan pendidikan keagamaan (Islam), sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebelum Tari Saman dimulai dibuka dengan menampilkan seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setemp…

5 CURUG GEOPARK CILETUH

Gambar
Geopark Ciletuh terletak di selatan Sukabumi, propinsi Jawa Barat merupakan taman alam batuan purba yang terbentuk indah setelah mengalami pelapukan selama jutaan tahun. Di sini banyak spot wisata yang memesona, namun wisatawan menjadi wajib mengunjungi beberapa air terjun atau curug yang ada di Geopark ini.

Berikut ulasan beberapa curug yang memperkaya keindahan dan keunikan Geopark Ciletuh ini:

1. Curug Awang
Curug Awang ini juga disebut-sebut sebagai Niagara mini-nya Indonesia. Saat musim penghujan, debit air di curug ini akan meningkat sehingga jatuhan air dari atas curug menjadi lebih dramatis. Jika sedang beruntung, kita juga bisa menikmati pelangi di antara jatuhan air di curug Awang.

2. Curug Cimarinjung
Curug Cimarinjung sudah bisa terlihat dari pertama kali dan merupakan salah satu curug yang mudah dijangkau. Kita hanya perlu mengikuti jalan setapak sepanjang 400 meter, maka pemandangan indah curug Cimarinjung sudah bisa dinikmati langsung di depan mata. Deretan tebing-teb…

KAIN TENUN ENDEK

Gambar
Motif kain Endek beragam, ada pula yang dianggap sakral. Dengan perkembangan produksi yang terus meningkat, kain Endek pun kini termasuk dalam salah satu buah tangan anti-mainstream yang paling dicari. Endek juga bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk kenalan Anda yang menyukai bahan-bahan kain khas nusantara.

Jika ingin lebih menunjukkan perhatian, kain tenun ikat khas Bali, Endek, bisa sebagai ganti yang jauh lebih baik untuk keluarga dan sahabat.

Keunikan dan keistimewaan kain endek ini adalah membutuhkan waktu yang lama, yakni selama 2 minggu, hanya untuk menghasilkan selembar kain tenun endek dengan motif sederhana. Sedangkan untuk motif yang lebih rumit bisa memakan waktu minimal 1 bulan. Tentu membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang luarbiasa.

Bagi kamu yang ingin membeli atau penasaran dengan kain endek ini, kamu bisa menyambangi pusat pengrajin yang ada di Bali, tepatnya di Desa Sidemen, Kabupaten Karangasem - Bali.


Tags : wisata, tourism

CANDI BOROBUDUR

Gambar
Borobudur adalah nama sebuah candi umat Budha yang berbentuk stupa yang didirikan oleh para penganut Budha Mahayana sekitar tahun 800 –an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur merupakan candi atau kuil terbesar didunia yang menjadi monumen Buddha terbesar di dunia.

Bangunan ini oleh UNESCO disebut sebagai monumen dan komplek stupa termegah dan terbesar di dunia ini ramai dikunjungi oleh para peziarah sekitar abad ke-9 hingga ke-11. Para pengikut agama Budda banyak berduyun-duyun datang dari China, Tibet, Kamboja dan India untuk mendapatkan pencerahan di candi Borobudur ini.

Dinding Candi Borobudur dihiasi oleh pahatan 2672 panel relief yang tersusun sepanjang 6 km yang merupakan relief Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Relief yang terpahat di dinding tersebut dibagi mejadi 4 kisah : yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda serta Gandawyuda.

Relief ini banyak menceritakan tentang perjalanan hidup sang budha dan ajaran-ajarannya serta kema…

RENCONG

Gambar
Rencong merupakan senjata tradisional yang dijadikan simbol untuk pria Aceh (provinsi Nanggroe Aceh Darussalam) di masa lalu. Senjata asli Aceh ini berbentuk hampir menyerupai pisau dan memiliki sejarah yang kuat di Aceh.

Pada zaman penjajahan, para pria Aceh menggunakan senjata rencong ini untuk perang dalam melawan penjajah. Hingga sekarang pun, rencong masih digunakan sebagai senjata bela diri. Beberapa komunitas di Aceh juga ada yang menganggap senjata ini sebagai senjata pusaka dan jimat.

Meski tak banyak data menjelaskan sejarah rencong, namun catatan tertua mengenai keberadaan senjata tersebut menunjukkan bermula pada masa Kesultanan Aceh ke-10 (1589-1604), Sultan Alauddin Riayat Syah.

Impian terakhir Sang Sultan sebelum wafat, ingin memiliki senjata khas lagi andal untuk ditampilkan. Impian pun tetap menjadi impian. Sultan tak sempat melihat Rencong sepanjang hayatnya.

Cita-cita tersebut baru terealisasikan pada masa Kesultanan Aceh di bawah kekuasaan Sultan Iskandar Muda (1…

LEMPAH KUNING

Gambar
Lempah Kuning terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit dan makanan laut. Lempah juga dapat dimasak menggunakan daging sapi. Makanan khas Bangka ini memiliki cita rasa yang segar dan lezat. Bahan dasar lempah adalah ikan atau daging dan nanas.

Warnanya yang kuning berasal dari kunyit dan nanas yang telah teriris tipis. Rasa segar makanan berasal dari nanas dan rempah-rempah yang meresap ke dalam daging sehingga membuat masakan memiliki rasa yang khas. Lempah kuning dapat dinikmati di waktu sarapan atau makan siang.

Selain lempah kuning, ada dua jenis lempah lainnya yaitu lempah darat dan lempah kulat. Lempah darat merupakan jenis lempah yang dimasak dengan memadukan sayuran dan kacang-kacangan. Umumnya, masyarakat Bangka menggunakan kacang kedelai sebagai bahannya.

Lalu, Lempah kulat merupakan jenis lempah yang dimasak menggunakan jamur sebagai bahan dasarnya.

BACA JUGA PEMPEK

Selain itu, ada banyak jenis lempah lainnya, tergantung dari bahan utama yang digunakan. Masyarakat Bangka …

ALAT MUSIK ANGKLUNG

Gambar
Angklung adalah alat musik buatan dari wilayah Jawa Barat yang terdiri atas beberapa pipa bambu dengan ukuran berbeda yang melekat pada bingkai bambu. Cara memainkan angklung ialah dengan cara memegang bagian atas angklung dengan satu tangan dan sisi bawah angklung dengan tangan lain dan kemudian menggoyangkannya. Akibatnya, pipa bambu yang terdiri dari angklung saling bertabrakan dan akan menghasilkan suara tersebut. Setiap instrumen angklung hanya dapat menghasilkan suatu satu not saja.
Oleh karena itu, banyak pemain Angklung perlu menghasilkan melodi yang begitu indah yang dapat didengar. Seorang pemain pada angklung dapat memainkan dengan 2 atau 3 instrumen pada angklung tersebut.

Sejarah Angklung
Dari abad ke-12 hingga ke-16, saat itu, masyarakat di Kerajaan Sunda percaya bahwa yang memainkan Angklung yakni Nyai Sri Pohaci. Nyai Sri Pohaci dianggap sebagai seorang dewi untuk kesuburan bagi para rakyat di wilayah Kerajaan Sunda. Nyai Sri Pohaci, yang terpesona oleh varietas alat m…

TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Gambar
Objek wisata di Jakarta yang pas untuk dijadikan wahana rekreasi dan edukasi adalah Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Disini Anda bisa melihat rumah-rumah adat dari Sabang hingga Merauke. Tidak salah jika TMII ini disebut sebagai miniaturnya Indonesia.

Selain itu ada sejumlah taman, museum, beragam tempat ibadah, teater, dan wahana rekreasi menyenangkan lainnya.

Tempat wisata dengan luas 150 hektare ini berlokasi di Jakarta Timur dan beroperasi Senin hingga Minggu. Dengan harga tiket berbeda-beda tiap wahananya.

BACA JUGACANDI BOROBUDUR

Peta menuju Taman Mini Indonesia Indah :




Tags : wisata, tourism

ÀLAT MUSIK KARINDING

Gambar
Alat musik tradisional yang satu ini termasuk salah satu alat musik yang memiliki keunikan tersendiri. Alat musik ini asli dari daerah Jawa Barat yang dimainkan dengan cara diletakkan di bibir kemusian ditepuk bagian pemukulnya untuk menghasilkan nada. Suara karinding muncul dari pergesekan pegangan dan ujung jari yang di tepuk-tepuk.

Salah satu yang membuat alat musik yang satu ini adalah bentuknya dan bahan baku pembuatnya. Jika alat musik ini terbuat dari bahan bambu maka yang memainkannya adalah perempuan, namun jika bahan baku pembuatnya adalah pelepah pohon aren maka yang memainkannya adalah laki-laki. Alat musik ini juga memiliki fungsi yang cukup unik yaitu sebagai pengusir hama di sawah. Hama sangat mengganggu panen padi yang akan dilakukan oleh petani.


Tags : wisata, tourism

PEMPEK

Gambar
Pempek merupakan jajanan khas daerah Provinsi Sumatera Selatan.Makanan ini dikenal sangat memanjakan lidah dan bercita rasa gurih dan lezat. Dipadukan dengan cuko asam manis pedas membuat pempek kaya akan rasa. Bahkan, makanan ini tak hanya disajikan di restoran saja, kini sudah menjamur dijajakkan di gerobak-gerobak keliling maupun pinggir jalan. Harganya pun beragam tergantung bentuk dan banyaknya ikan tengiri di dalamnya.

Pempek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek diambil dari kata 'empek-empek' atau 'pek-pek' yang menjadi sebutan lelaki tua pada pria Tionghoa. Hingga kini pempek jadi salah satu kuliner Palembang yang menggugah selera. Pempek Palembang juga memiliki jenis dan bentuk yang beragam, ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan dan masih banyak lagi varian lainnya.

BACA JUGALEMPAH KUNING

Umumnya pempek Palembang berbahan dasar ikan tenggiri maupun ikan gabus yang digiling. Kemudian dicampur bahan lain seperti tepung sagu atau…