TARI SAMAN

tourism
Foto : satujam.com


Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Lagu dan syair dalam Tari Saman mempergunakan bahasa Gayo, pengungkapannya secara bersama dan berkesinambungan, dengan para penari yang mengenakan pakaian adat.

Biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur mengungkapkan bahwa Tari Saman diciptakan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Kita patut bangga karena Tari Saman telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia pada tanggal 24 November 2011.

Tari Saman merupakan salah satu media untuk berdakwah yang mencerminkan pendidikan keagamaan (Islam), sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebelum Tari Saman dimulai dibuka dengan menampilkan seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) untuk memberikan nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Tari Saman merupakan salah satu tarian yang paling populer hingga mancanegara karena keunikannya yang memadukan gerakan tari yang sangat kompak dengan harmonisasi antara lagu dengan paduan suara yang mengiringi gerakan.


Tags : wisata, tourism

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

PANTAI TANJUNG PESONA

RAJA AMPAT